Polres Batang Siapkan Personel Pengawal Pribadi untuk Pasangan Calon Pilkada 2024  

BATANG – Polres Batang mempersiapkan pengawalan pribadi (Walpri) untuk dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam Pilkada serentak 2024. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan standar pengamanan yang lebih ketat, profesional, dan strategis.

Kabag Ops Polres Batang Kompol Abdul Fatah, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 29 personel Walpri yang akan bertugas mengawal para pasangan calon.

“Untuk Walprinya, enam personel setiap paslon yang terdiri dari tiga-tiga. Nanti mereka mengawal selama 24 jam,” ujar Fatah, Sabtu (21/9/2024).

Fatah menambahkan, personel Walpri tersebut telah menjalani pendidikan dan pelatihan khusus mengenai cara penyelamatan dalam situasi darurat dan kondisi tertentu.

Skema pengamanan yang disiapkan Polres Batang terbilang komprehensif. Setiap pasangan calon akan mendapat fasilitas satu unit mobil pengawal dan tiga personel lalu lintas untuk kegiatan tertentu.

Aspek gender dan kesehatan juga menjadi perhatian dalam pengamanan ini. Fatah mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan satu polwan untuk mengawal masing-masing istri pasangan calon.

“Satu polwan untuk pengawalan masing-masing istri para paslon dan ditambah satu personel kesehatan. Jadi apabila mungkin ada hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan bisa dikomunikasikan, karena mereka memang ditugaskan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para calon,” jelasnya.

Dengan persiapan yang matang ini, Polres Batang berharap dapat menjamin keamanan dan kelancaran proses Pilkada 2024 di wilayahnya. Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang aman dan profesional. (*)