Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Selokarto

Prosiar, BATANG – Desa Selokarto Kecamatan Pecalungan dicanangkan sebagai Kampung Pancasila Kodim 0736 Batang. Kegiatan pencanangan kampung Pancasila itu digelar di halaman rumah Kepala Desa Selokarto pada Jumat (14/4/2022) malam.

Camat Pecalungan Edi Widodo mengharapkan dengan adanya kampung Pancasila di Kecamatan Pecalungan dapat menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan lebih bisa memahami nilai nilai Pancasila dengan menjaga toleransi dan kerukunan. “Agar terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa,” tandasnya.

Danramil Subah Kapten CBA Dwi Kistanto mengatakan, adapun tujuan pencanangan kampung Pancasila adalah untuk menumbuhkan rasa kebhinekaan agar tercipta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jadi, setiap satu kecamatan harus ada 1satu desa yang dicanangkan sebagai kampung Pancasila,” jelasnya.

Ia berharap semoga dengan pencanangan kampung Pancasila di wilayah kecamatan Pecalungan ini, dapat tumbuh rasa solidaritas, gotong royong, guyub rukun, hormat menghormati dan rasa saling menghargai.

Kapolsek Subah Polres Batang AKP Sugiyanto meminta masyarakat selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan cara menjaga guyub rukun dan gotong royong dalam kehidupan sehari hari.

“Dengan adanya kampung Pancasila ini, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme serta mengutamakan musyarawarah mufakat,” katanya.

Selain itu, Sugiyanto juga mengajak masyarakat bersama sama menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban dilingjungan sekitar.

“Marilah kita saling bekerja sama dan bersinergi untuk menjaga Harkamtibmas di wilayah Kabupaten Batang pada umumnya dan Kecamatan Pecalungan khususnya,” imbaunya. (HS)