Ajak Masyarakat Lihat Bengkel Perawatan Kereta Api, KAI Kembali Gelar Open House Balai Yasa Surabaya Gubeng

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menyelenggarakan acara Open House Balai Yasa kereta api bagi masyarakat umum, yang diselenggarakan pada 29 September s/d 1 Oktober 2023

 

SURABAYA, 30 September 2023 – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menyelenggarakan acara Open House Balai Yasa kereta api bagi masyarakat umum, yang diselenggarakan pada 29 September s/d 1 Oktober 2023. Acara ini mengusung tema “Bengkel Sepur Festival” Open House Balai Yasa Surabaya Gubeng, dan juga kali kedua bagi KAI dalam memperkenalkan lingkungan kerjanya yang juga merupakan “bengkel” perawatan sarana milik KAI.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan Open House Balai Yasa ini KAI gelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 KAI serta mengedukasi masyarakat terkait proses perawatan kereta yang ada di Balai Yasa Surabaya Gubeng milik KAI.

KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini jarang diakses oleh masyarakat umum. Open House Balai Yasa bertujuan untuk memberikan wadah berinteraksi langsung antara masyarakat dan Balai Yasa Kereta Api.

“Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 KAI yang diperingati pada 28 September dengan tema Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju. Kali ini KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa,” kata Luqman Arif.

Adapun di Balai Yasa Surabaya Gubeng ini, masyarakat dapat menyaksikan produksi sarana yang telah dihasilkan, mulai dari Kereta Panoramic Gen 2 (Generasi 2), Kereta Makan Pembangkit (MP3), perawatan bagian kereta, serta perawatan-perawatan sarana kereta lainnya.

Dalam pameran ini, pengunjung akan disuguhkan dengan Kereta Panoramic Gen 2 yang terparkir setelah pintu masuk pameran. Kereta Panoramic Gen 2 ini merupakan hasil modifikasi Balai Yasa Surabaya Gubeng dari sarana kereta eksekutif (K1). Terdapat beberapa fitur peningkatan didalamnya, antara lain : pintu otomatis pada ruang penumpang cukup menekan tombol, lalu pintu akan membuka dan menutup secara otomatis. Peningkatan kualitas sound system dan monitor untuk live music atau karaoke. Dalam sisi interior, telah dilapisi dengan bahan dasar fiber berlapis High Gloss Acrylic (HGA) yang memberikan nuansa mewah di dalam kereta.

“Pengunjung dapat mencoba masuk dan merasakan bagaimana sensasi kereta Panoramic Gen 2, dengan mengikuti aturan dari petugas yang berada di lokasi,” terangnya.

Selain itu, dalam pameran Open House Balai Yasa ini pengunjung juga dapat melihat dan memahami proses perawatan sarana serta melihat kereta yang sudah diperbaiki, melihat berbagai fasilitas perawatan Balai Yasa, sejarah masing-masing Balai Yasa, melakukan mini tour di lingkungan Balai Yasa, pameran produk UMKM, serta games dan hiburan menarik.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan Open House Balai Yasa ini agar lebih mengenal dan memahami proses perawatan sarana kereta api. Dengan demikian, masyarakat akan semakin mencintai dan terus menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan saat bepergian,” tutup Luqman Arif.(dy)

Artikulli paraprakMusim Mangga Tiba, Gubernur Khofifah Ajak Karyawan dan Wartawan Nikmati Legitnya Mangga Asal Kediri
Artikulli tjetërSambut Kafilah MTQ XXX Tingkat Provinsi Jatim, Gubernur Khofifah: Selamat Bermusabaqah Para Kafilah Terbaik dari 38 Kab/Kota