Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Polres Tegal, Bersinergi Siap Amankan Pemilu 2023-2024

Tegal – Polres Tegal menggelar Operasi libatkan ratusan personel gabungan Polres Tegal, Kodim 0712/ Tegal, Satradar, Lanal Tegal, Denpom IV/1-3 Tegal, KPU, Bawaslu, Pemkab Tegal, Dishub, Pol PP, Linmas Kabupaten Tegal, & FKUB yang dilaksanakan di Lapangan Aspol Kalibliruk Polres Tegal.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Zakun, S.H., S.I.K., dan Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Suratman S.IP., M.IP. selaku Pimpinan Apel dengan Komandan Apel Kasatsampta Polres Tegal AKP Surahno, S.H., M.H.

Dalam Apel tersebut dibacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. secara utuh dengan intisari berupa pelaksanaan “Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024” berlangsung serentak di seluruh Indonesia dengan melibatkan instansi terkait dan juga menggelar sarana prasana pendukung tugas pengamanan masing-masing instansi sebagai kesiapan mengamankan tahapan-tahapan pada pesta demokrasi yang sudah dimulai sejak kemarin 19 Oktober 2023 di tahapan pendaftaran Calon Presiden & Wakil Presiden yang berlangsung selama 38 Hari.

Operasi ini berbarengan dengan Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi Besar “Persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehouse of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pemilu damai.

Terdapat 7 Penekanan dari Kapolri berupa penugasan operasi mantap brata ini seluruh anggota selalu melakukan penguatan keimanan dan ketaqwaan anggota sebagai ladang ibadah; cukupi perlengkapan perorangan baik pribadi sebagai pendukung kelancaran bertugas; saat melakukan pengamanan berikan pelayanan terbaik dan penuh rasa tanggung jawab sesuai SOP dengan mengedepankan tindakan persuasif & humanis; seluruh pimpinan wajib terjun ke lapangan berikan pengawasan dan asistensi anggota yang bertugas; buat pola pengamanan yang sehat dengan sistem terjadwal sehingga kesehatan anggota tetap terjaga; kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling sistem; serta jalin sinergitas yang baik dengan seluruh stake holder dan lapisan masyarakat.

Dalam doorstopnya Kapolres Tegal mengungkapkan “Kami akan membuat pola pengamanan berdasarkan tahapan pemilu sesuai kebutuhan, untuk tahapan pendaftaran capres dan cawapres kami siapkan 104 personel, sedangkan pada puncaknya akan kami siapkan 610 personel polres tegal, yang tentunya akan bersinergi dengan seluruh instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Tegal” pungkasnya

Sedangkan Dandim 0712/ Tegal menambahkan “Kami Siap mendukung Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024, karena telah terjalin kerjasama antara Panglima dan Kapolri terkait Bantuan Pengamanan dan telah dirumuskan pada tingkat pusat” ujarnya. (*)

Artikulli paraprakHalo BEM UNS ! Apa Kabar Nasib Dua Guru Besar dan Pengawalan Kasus Dugaan Korupsi UNS ?
Artikulli tjetërDewi Aryani : Terus Memupuk Semangat Gotong-royong dan Membumikan Pancasila