Diprediksi Naik 15%, Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang Tampung  Para Pemudik Lebaran 2024

 

SURABAYA , 31 Maret 2024 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 mulai melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini khususnya via jalur laut. Sedikitnya 20 terminal penumpang dan RoRo di wilayah kerja disiapkan untuk melayani arus mudik lebaran yang di prediksi meningkat 15 Persen dari tahun sebelumnya.

Sejumlah langkah antisipasi tersebut diantara meliputi penyiapan terminal penumpang yang ada di masing- masing pelabuhan. Diantaranya ialah penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang. Sejumlah fasilitas tersebut diantaranya adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, Posko Mudik Lebarab, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan cctv guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 menyampaikan, sedikitnya terdapat 20 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2024 ini. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

Sejumlah Pelabuhan utama seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang di prediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibanding hari biasanya. Diprediksi angka penumpang pada mudik lebaran tahun ini akan mencapai 713.449 Orang atau naik 15 % dari arus mudik 2023 yang mencapai 620.291 arus penumpang embarkasi maupun dembarkasi.

“Tak hanya persiapan dan koordinasi dengan internal perusahaan, namun kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder seperti otoritas pelabuhan dan Perusahaan pelayaran untuk memastikan seluruh layanan untuk pemudik siap melayani”. Jelas Karlinda

Karlinda juga menambahkan, potensi peningkatan jumlah pemudik via jalur laut juga berpotensi terjadi pada arus mudik lebaran tahun ini hal tersebut pasca ditambahkannya hari libur lebaran dan cuti bersama oleh pemerintah. Oleh karenanya pihaknya menghimbau kepada seluruh General Manager Pelabuhan yang mengelola terminal dibawahnya untuk melakukan persiapan lebih dini.

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini mulai sekarang”. Pungkas Ardhy Regional Head 3 Pelindo.

Sebelumnya arus mudik lebaran via jalur laut menjadi salah satu alternatif favorit para pemudik di Indonesia. Tak hanya itu guna mendukung kelancaran arus mudik 2024 Pelindo juga mendukung program mudik gratis Kementerian BUMN dengan menyediakan 75 bus gratis keberbagai dan prohram mudik kapal gratis milik Kementerian Perhubungan. Jumlah penumpang yang hilir mudik di 20 pelabuhan kelolaan Pelindo Regional 3 pada mudik lebaran 2024 di prediksi akan meningkat tahun ini.

Artikulli paraprakPenerbangan Rute Jakarta-Kediri Segera Dibuka, Khofifah : Mudik ke Jatim Makin Terasa Dekat, Cepat, Nyaman
Artikulli tjetër16.608 Warga Binaan di Jatim Diusulkan Peroleh Remisi Khusus Idul Fitri