Gubernur Khofifah Ajak Sukseskan Raimuna Pramuka di Pantai Prigi Trenggalek Sebagai Penguatan Generasi Unggul Berintegritas Berakhlak

SURABAYA , 14 NOVEMBER 2023 – Sebanyak 1.355 anggota pramuka Penegak dan Pandega dipastikan akan mengikuti gelaran akbar Raimuna Jawa Timur XIV yang dihelat di kawasan Pantai Prigi Desa Tasikmadu Kecamatan Watu Limo Kabupaten Trenggalek pada 16-21 November 2023.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimis bahwa melalui Raimuna ini, akan mampu mencetak generasi Berkarakter, Berintegritas, Unggul dan Berakhlak Mulia.

“Dalam kegiatan ini seluruh anggota Pramuka penegak dan pandega akan mendapatkan penguatan karakternya. Karena Raimuna ini sengaja digelar untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta memberikan kepada mereka melalui kegiatan kreatif, rekreatif dan produktif yang bersifat edukatif,” tegas Gubernur Khofifah yang direncanakan akan hadir dalam pembukaan Raimuna, Selasa (14/11/2023).

Sejumlah kegiatan telah disiapkan untuk Raimuna Jatim ini. Mulai dari giat umum yang meliputi upacara pembukaan, malam Brawijaya, Korve, hingga free innovation activity.

Kemudian juga Giat khusus seperti karang pamitran, temu pinkon, wisata bindamping dan pinkon. Kemudian Giat Kultural dan Tradisi yang meliputi festival kuliner dan pentas seni.

Tak hanya itu, juga ada Giat Adventure yang meliputi water rescue, penanaman mangrove, masak rimba, serta navigasi teknologi. Berikutnya peserta Raimuna juga diajak untuk mengikuti Giat Potensi Pesisir, yang meliputi pembakaran ikan dan pemindangan ikan.

Selain itu juga ada giat rekreasi yang meliputi banana boat dan Wisata kapal. Serta ada giat palagan yang meliputi Selasar satuan karya, Selasar kwarran, Selasar Pramuka Produktif.

Dan yang terakhir juga ada giat SDG’s yang sarat akan kegiatan bermanfaat. Seperti climate Hero, Pramuka produktif wirausaha, dunia perguruan tinggi, gerakan pemilu sehat, robotik, coding, database management system, paradigma digital marketing, budidaya udang, association of top achiever scouts, dan berbagi cerita lewat dunia jurnalistik.

“Gunakan ajang ini untuk belajar dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Pererat persaudaraan. Karena menghadapi era industri 5.0 selain kemampuan intelektual, yang harus dimiliki adalah critical thingking, kemampuan complex problem solving dan juga kemampuan untuk bersosialisasi membangun empati serta memiliki social ability yang tinggi,” tandas Gubernur Khofifah.

Menurutnya semua kegiatan yang ada dalam Raimuna akan menjadi bekal yang cukup bagi generasi Pramuka penegak dan pandega Jatim untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Untuk itu ia berpesan untuk memaksimalkan ajang Raimuna sebagai kawah candradimuka, menguatkan jejaring dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

“Selamat mengikuti Raimuna Jatim. Cetak Generasi Berkarakter, Berintegritas, Unggul dan Berakhlak,” tegasnya.

Kegiatan Raimuna Jatim XIV ini juga akan dimeriahkan sejumlah penampilan menarik. Yaitu dari Jo Kluthuk dan Jo Klithik, Ini HD Band, dan juga FDJ Bee.

Di akhir Gubernur Khofifah juga mengajak seluruh peserta untuk menikmati keindahan Pantai Prigi Trenggalek. Ia mengajak peserta Raimuna untuk turut menjadi agen yang menjaga kelestarian alam Jawa Timur.

“Nikmati kekayaan alam Jatim tapi jangan lupa untuk menjaga dan melestarikannya. Sampai jumpa pada pembukaan Raimuna 17 November 2023 di Pantai Prigi Trenggalek. Salam Pramuka ,” pungkas Gubernur Khofifah.(dy)

 

Artikulli paraprakGanjar Mengetahui Tapi Membiarkan Ada Suap E-KTP, Hendarsam: itu Tindak Pidana Korupsi
Artikulli tjetërArtis dan Penyanyi Ulfa Bone Aktif Sebagai Relawan BP 08 Dukung Prabowo – Gibran