Jatim Borong 9 Gelar Juara, Raih Juara Umum Lomba Tenaga Kerja Konstruksi Nasional

 

SURABAYA , 6 November 2023 – Pemerintah Provinsi Jawa Timur berhasil meraih Juara Umum I pada Lomba Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Juara umum ini diraih usai perwakilan Jatim berhasil menyabet 9 gelar juara sekaligus. Yaitu, Juara 1 Kategori Pelaksanaan Teknologi BIM (Building Information Modelling), Juara 1 Kategori Pelaksana Gedung, Juara 1 Kategori Tukang Bata, dan Juara 1 Kategori Tukang Cat.

Kemudian Juara 2 Kategori Tukang Ubin, Juara 2 Kategori Tukang Plumbing, Juara 3 Kategori Tukang Baja Ringan, Juara 2 Kategori Pembangunan Rumah Mini, dan Juara 3 Kategori Operator Exavator.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili perwakilan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur pada Puncak Acara Konstruksi Indonesia 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jumat (3/11).

Atas raihan juara umum ini, Gubernur Khofifah menyatakan bahwa ini merupakan bukti komitmen, kerja keras, dan dedikasi yang tinggi dalam mengembangkan industri konstruksi dan tenaga kerja konstruksi di Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah, Jatim bisa meraih Juara Umum. Terimakasih, penghargaan ini merupakan bukti kerja keras, dan dedikasi seluruh tim pada ajang nasional ini. Selain itu, ini menjadi bukti bahwa Jawa Timur berhasil mengembangkan tenaga kerja konstruksi yang berkualitas,” ujarnya saat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senen (6/11).

Khofifah menambahkan Provinsi Jawa Timur memiliki potensi besar dan merupakan salah satu mercusuar dalam industri konstruksi di Indonesia. Untuk itu, pihaknya terus mendorong pengembangan dan penguatan kapasitas tenaga kerja konstruksi agar bisa mengadopsi teknologi konstruksi terbaru.

“Kualitas tenaga kerja menjadi modal penting bagi Jatim sebagai mercusuar industri konstruksi nasional. Oleh karena itu, perlombaan ini tidak hanya sebagai ajang unjuk gigi namun juga mempelajari teknologi-teknologi terbaru dari daerah lain,” jelasnya.

Gubernur Khofifah berharap, perolehan prestasi ini akan menjadi pelecut semangat untuk terus mengembangkan kualitas tenaga kerja konstruksi dan memperkuat komitmen kontribusinya bagi pembangunam Jatim.

“Semoga dengan raihan prestasi ini bisa menambah semangat kita semua untuk memberikan kontribusi terbaik kita dalam pembangunan Jawa Timur. Sehingga semua masyarakat bisa merasakan manfaatnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, ajang Lomba Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat Nasional ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan dalam berbagai bidang seperti konstruksi bangunan, teknik sipil, manajemen proyek, dan teknologi terkini yang terkait dengan industri konstruksi.

Sebelum bertanding pada di Tingkat Nasional ini, Provinsi Jawa Timur telah bertanding pada Lomba Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat Regional yang dilaksanakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) Regional 4 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Lomba Tenaga Kerja Konstruksi Nasional Tahun 2023 dilaksanakan di Jakarta International Expo pada tanggal 1-3 November 2023 dengan mempertandingkan 4 kategori. Yaitu Kategori Rumah Mini, Kategori Teknologi, Kategori Alat Berat, dan Kategori Juru Ukur.

Tingkat regional sendiri dilaksanakan di Jogja Expo Center pada tanggal 21-23 Juni 2023. Provinsi Jawa Timur harus bersaing dengan Jawa Tengah, DIY, NTT, Bali, dan NTB sebelum akhirnya berhasil mendapatkan tiket untuk mewakili wilayah regional 4 bertanding pada Lomba Tenaga Kerja Konstruksi Nasional Tahun 2023.(dy)

 

Artikulli paraprakPesawat Ketiga Berisikan Bantuan Kemanusiaan Bagi Warga Palestina Diberangkatkan
Artikulli tjetërAdvokat LISAN: Tidak ada Jalan Bagi MK-MK Batalkan Putusan MK No : 60/PUU-XXI/2023