Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Personel TNI/Polri Kerja Bakti Bersihkan TMP Kadilangu

Batang – Menjelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila, puluhan anggota TNI/Polri bersama dengan organisasi kemasyarakatan Senkom yang merupakan mitra Polri telah melaksanakan bakti sosial dengan membersihkan area Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu. Kegiatan ini merupakan persiapan penting untuk memastikan lingkungan yang teratur menjelang puncak peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang akan digelar di TMP Kadilangu.

Ipda Ali Sodikin, Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Batang, menjelaskan bahwa bakti sosial ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mempersiapkan acara Gebyar Kirab Merah Putih yang akan berlangsung besok. Acara tersebut akan melibatkan lebih dari 4.000 peserta yang akan berjalan kaki dari empat penjuru, yaitu Makam Syeikh Tholabuddin Masin, Makam Habib Umar bin Syeikh Ibrahim Kalisalak Limpung, Wonobodro, dan Ujungnegoro.

Selain membersihkan Kompleks TMP Kadilangu, beberapa anggota Organisasi Kemasyarakatan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI) juga berpartisipasi dalam menyambut peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan bagi warga kurang mampu.

Ketua FKPPI Batang, dr. Bekti Mastiaji, menjelaskan bahwa bakti sosial ini merupakan wujud penghormatan kepada semangat kepahlawanan, terutama pengorbanan para pahlawan revolusi yang telah berjuang keras untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Ia menekankan pentingnya generasi muda untuk tidak melupakan pengorbanan para pahlawan revolusi karena semangat perjuangan mereka telah menjadi bagian dari karakter bangsa Indonesia.

Dr. Bekti Mastiaji juga menjelaskan bahwa salah satu aspek penting dari pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah deteksi dini terhadap penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh. Langkah ini merupakan upaya awal untuk mengidentifikasi apakah ada indikasi penyakit stroke atau penyakit lainnya dalam tubuh individu.

Kegiatan bakti sosial ini tidak hanya memperkuat semangat nasionalisme dan penghormatan kepada para pahlawan, tetapi juga memberikan manfaat nyata kepada masyarakat kurang mampu melalui pemeriksaan kesehatan yang dilakukan. (*)

Artikulli paraprakJumbara PKS Ajarkan Nilai-nilai Positif Bagi Generasi Muda
Artikulli tjetërHadiri Haflah dan Wisuda Khotmil Qur’an PPTQ Al Falah Ploso Kediri, Gubernur Khofifah Berpesan Para Wisudawati Hafidhoh Bil Ghoib dan Bin Nadhor Ikut Jaga Karakter dan Moral Bangsa