Koordinasi Upaya Pencegahan Kecelakaan dan Optimalisasi Peran Forum Keselamatan , Jasa Raharja Madiun Partisipasi FKLL Kabupaten Ngawi

, Forum Koordinasi Lalu Lintas Kabupaten Ngawi melaksanakan kegiatan Rapat FKLL. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Jasa Raharja Perwakilan Madiun, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi, Dinas Kesehatan Ngawi, Dinas PUPR Ngawi dan anggota Unit Gakkum Satlantas Polres Ngawi yang bertempat di Ruang Command Center Satlantas Polres Ngawi.

NGAWI, 26 Oktober 2023 – Pada hari Selasa tanggal 24 Oktober 2023 dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat FKLL Kabupaten Ngawi pada Bulan Juni 2023, Forum Koordinasi Lalu Lintas Kabupaten Ngawi melaksanakan kegiatan Rapat FKLL. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Jasa Raharja Perwakilan Madiun, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi, Dinas Kesehatan Ngawi, Dinas PUPR Ngawi dan anggota Unit Gakkum Satlantas Polres Ngawi yang bertempat di Ruang Command Center Satlantas Polres Ngawi. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut kesepakatan rapat FKLL sebelumnya dan upaya pencegahan apa yang telah dilaksanakan oleh masing-masing anggota forum.

Dalam rapat tersebut Kasat Lantas Ngawi memaparkan data jumlah kecelakaan di wilayah hukum Polres Ngawi yang mengalami penurunan aktivitas. Hal ini merupakan hasil dari patroli  dan kegiatan penindakan langsung di jam-jam rawan laka. Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Madiun menyampaikan bahwa telah dilaksanakan beberapa kegiatan pencegahan laka lantas seperti sms blast didaerah rawan laka lantas, sosialisasi ke sekolah-sekolah, pemberian apresiasi bagi pengguna jalan yang tertib dan pemasangan rambu himbauan keselamatan. Selain itu juga disampaikan tentang adanya aturan pengecualian penjaminan santunan Jasa Raharja untuk enam kriteria pelanggaran kecelakaan lalu lintas. Dari Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi menyampaikan bahwa upaya pencegahan laka seperti sosialisasi rutin dilaksanakan dan untuk rencana kedepan Dishub Ngawi fokus pada pencegahan laka diperlintasan sebidang Kereta Api.

Hal serupa juga disampaikan Dinas Kesehatan Ngawi, bahwa peran PSC 119 selalu ditingkatkan untuk evakuasi korban laka lantas, juga penambahan 2 rumah sakit yaitu RSUD Geneng dan RSUD Mantingan untuk mengakomodir pelayanan kesehatan di wilayah Ngawi bagian selatan dan barat. Dinas PUPR juga telah melakukan upaya perbaikan jalan yang berlubang dan berupaya untuk pengerjaan perbaikan jalan protokol maupun jalan utama.

Dengan adanya rapat FKLL ini diharapkan tingkat kecelakaan di Ngawi mengalami penurunan dan fatalitas korban laka lantas berkurang.(dy)

 

Artikulli paraprakJasa Raharja Raih Dua Penghargaan dari Ajang Indonesia Human Capital Award 2023
Artikulli tjetërGandeng ITS dan UNICEF Luncurkan Program Digital Skills, Gubernur Khofifah: Upaya Tingkatkan Keterampilan Digital dan Kewirausahaan bagi SMA Double Track Jatim