Siap Amankan Pemilu 2024, Polres Puncak Jaya Gelar Simulasi Sispamkota

Puncak Jaya – Kepolisian Resor Puncak Jaya menggelar kegiatan simulasi sistem pengamanan kota ataupun Sispamkota dalam rangka Simulasi Pengamanan Tahapan Pemilu Operasi Mantap Brata Cartenz 2023 – 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Mako Polres Puncak Jaya, Senin (16 Oktober 2023)

Dalam pelaksanaan kegiatan yang disaksikan langsung oleh Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara, S.H., S.I.K., M.H, para personel memperagakan ataupun mensimulasikan tahapan-tahapan yang dimulai dari adanya salah satu pasangan calon yang tidak menerima dengan hasil keputusan dari KPU dan langsung massa dari calon tersebut mendatangi KPUD untuk melaksanakan aksi unjuk rasa.

Massa yang semakin tidak terkontrol setelah diberikan himbauan oleh Tim Negosiator mengharuskan Tim Kompi Dalmas untuk datang membackup Tim Pengamanan KPUD namun ternyata massa semakin banyak dan beringas sehingga Tim Patroli bermotor terpaksa mengeluarkan tembakan tegas dan terukur untuk mengurai massa.

Dan dari upaya paksa pembubaran massa aksi unjuk rasa, Tim Gakkum Polres Puncak Jaya yang telah berbaur dengan massa aksi unjuk rasa langsung menangkap provokator yang telah ditandai sebelumnya untuk diamankan di Mapolres Puncak Jaya.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara, S.H., S.I.K., M.H saat dikonfirmasi mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan simulasi Sistem Pengamanan Kota ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan para personel dalam mengahadapi Pemilihan Umum ataupun Pilkada serentak Tahun 2024.

Lanjut orang nomor satu di Kepolisian Resor Puncak Jaya ini juga menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Sispamkota ini juga dilaksanakan menjelang bergulirnya Operasi Mantap Brata Cartenz 2023 – 2024 yang dimana didalamnya adalah pengamanan Pemilu Tahun 2024.

” Diharapkan nantinya kepada seluruh personel dapat mengetahui tugas dan tanggung jawabnya apabila pada saat Pemilu terjadi cheos ataupun hal-hal yang tidak diinginkan, selain itu juga simulasi ini juga sebagai wadah peningkatan kemampuan para personel dalam mengahadapi aksi unjuk rasa terutamanya kerangka Dalmas ” tutup Kapolres Puncak Jaya. (*)

Artikulli paraprakBKKBN Bersama DPR RI Gelar Kegiatan Advokasi dan KIE Percepatan Penurunan Stunting
Artikulli tjetërPuluhan Ribu Masyarakat Semarakkan Pesta Rakyat dan Fun Bike Jatim 2023, Gubernur Khofifah: Terima Kasih Masyarakat Jawa Timur yang SIP (Semangat, Inovatif dan Produktif) Luar Biasa