Teknologi Fish Finder Dongkrak Hasil Tangkapan Nelayan Muara Besar Sulawesi Tengah

Sulteng – Masyarakat nelayan adalah salah satu bagian dari masyarakat Indonesia dimana mata pencarian masyarakat ini tidak terlepas dari mengelola potensi sumber daya perikanan.

Salah satu pemukiman masyarakat nelayan khususnya Sulawesi Tengah (Sulteng) yang jumlah penduduknya tinggi terdapat di Kecamatan Ogodeide, Kabupaten Tolitoli.

Menurut Syam, Pemuda Perduli Nelayan Indonesia (PPNI), berdasarkan hasil survei yang diperoleh di lapangan pada 1 September 2023, diketahui pendapatan nelayan tradisional di Desa Muara Besar rata-rata hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan cenderung sulit ketika menghadapi cuaca buruk.

Maka dari itu, diharapkan ada terobosan nyata dalam memberikan peningkatan terhadap hasil tangkapan nelayan kecil dengan cara memanfaatkan teknologi modern seperti Fish Finder.

Kegunaan fish finder ini berupa display monitor dan alat tranducher yang memudahkan dalam meningkatkan hasil tangkapan nelayan 10X lipat.

Dimana tranducher berfungsi untuk mengkondisikan keberadaan ikan di laut, kemudian nantinya kecepatan ikan-ikan di bawah laut dapat terlihat di monitor sehingga memudahkan dalam mencari titik pencarian ikan.

Sementara itu, seorang nelayan setempat bernama Opung (40) mengatakan, dengan adanya Fish Finder hasil penangkapan ikan di laut meningkat. Selain mendeteksi keberadaan ikan di laut, alat ini juga dapat memprediksi suhu gelombang dan memperkirakan kedalaman laut.

“Untuk menggunakan fish finder sendiri tidak terlalu sulit, kita hanya perlu mempelajari cara menggunakan teknologi ini dalam satu hari, kemudian kita mencari koordinatnya dan kemudian mendeteksi keberadaan ikan tersebut,” ujarnya.

Ibrahim, warga sekitar, menambahkan, “Nelayan tidak perlu lagi pakai feeling, dengan adanya teknologi pendeteksi ikan. Jadi, Jika semua nelayan di desa ini menggunakan teknologi seperti itu mungkin perekonomian masyarakat nelayan kita akan sedikit lebih baik”.

Syam Pemuda Peduli Nelayan Indonesia (PPNI) menambahkan, saya rasa dalam hal ini pemerintah daerah perlu memberikan perhatian kepada masyarakat nelayan dalam memberikan bantuan pencari ikan (fish finder).

Apalagi ini merupakan terobosan nyata dalam meningkatkan hasil tangkapan nelayan dan juga dapat meningkatkan perekonomian daerah serta dapat memanfaatkan teknologi di era 4.0 untuk menjadi nelayan modern.

Opini oleh Syamsir Datuamas *)

*) Pemerhati Ekonomi/ Pemuda Peduli Nelayan, alumni Universitas Teknologi Sumbawa

Artikulli paraprakTanggapi Polemik Pembangunan Kandang Ayam, Epi Suhaepi : Alhamdulillah Kita Sudah Tempuh Semua Sesuai Aturan
Artikulli tjetërCegah Perundungan dan Kekerasan Pada Anak, Polsek Cepiring Berikan Sosialisasi dan Imbauan ke Siswa SD