Polres Batang Siiapkan Strategi Pengamanan Arus Mudik Lebaran

BATANG – Polres Batang telah menyiapkan strategi pengamanan untuk arus mudik lebaran 2024. Sebanyak 320 personel Polres Batang dibantu Kodim 0736 dan instansi terkait siap memberikan kenyamanan bagi pemudik.

Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo mengatakan ada 4 pos utama yang disiapkan, yaitu Pos Sinergitas, Pos Pengamanan, Pos Terpadu, serta 11 Pos Strong Poin.

“Pasukan akan disiagakan di jalur Pantura maupun tol untuk mengurai kepadatan, ” kata Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo saat ditemui usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi, di Jalan Veteran Kabupaten Batang, Rabu (3/4/2024).

Pemudik yang melintas di jalur tol juga akan dibantu agar tetap merasa nyaman. Pos pelayanan telah disiapkan di rest area 379A dan 360B. Koordinasi dilakukan dengan pengelola rest area untuk menerapkan 4 simulasi guna mengantisipasi penumpukan.

“Jika terjadi kepadatan, akan diterapkan sistem pengaturan di dalam rest area, bahkan hingga sistem buka tutup pintu masuk rest area jika diperlukan, untuk mencegah penumpukan,” terang Kapolres.

Sistem satu arah akan dimulai pada Jumat, 5 April pukul 14.00 WIB, dengan menunggu arahan dari pusat. Sebelumnya, akan dilakukan pembersihan di sekitar rest area. Aparat gabungan, termasuk TNI/Polri dan relawan, akan bertugas mulai malam Kamis, 3 April pukul 00.00 WIB hingga 16 April 2024.

Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, mengungkapkan langkah konkret pemerintah dalam mendukung kelancaran arus mudik, melalui keterlibatan aparat Satpol PP, Dishub, BPBD, serta TNI/Polri dan relawan.

“Semua kami terjunkan ke lapangan bersama TNI/Polri dan relawan untuk membantu pengamanan selama arus mudik dan balik,” terangnya.

Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, menegaskan komitmen Kodim Batang dalam mendukung pengamanan arus mudik.

“Apabila dibutuhkan kami telah menyiapkan 370 personel untuk membantu Polres Batang, sehingga pemudik tetap merasa nyaman saat melintas di jalur Pantura maupun tol Batang – Semarang,” tandasnya. (*)

Artikulli paraprakEdy Torana Gelar The Greatest Concert Presenting The Best Masterpiece Ahmad Dhani
Artikulli tjetërSantuni 500 Anak Yatim Se-Kota Probolinggo, Khofifah Bocorkan Amalan Yang Dilakukan untuk Jemput Lailatul Qadar